SEKRETARIAT UMUM

 

SEKRETARIAT UMUM

POLDA DAERAH KALIMANTAN TENGAH

 

A.Visi dan Misi

  1. Rencana strategi Setum

Menyelenggarakan dan membina fungsi kesekretariatan atau administrasi umum yang meliputi korespondensi, ketatalaksanaan           perkantoran dan pengarsipan, termasuk penyelenggaraan kantor pos dan perpustakaan Polda.

  1. Visi Setum

Setum bertekad untuk lebih profesional dalam menyelenggarakan pembinaan dan memberikan pelayanan dibidang                                   kesekretariatan, administrasi umum, kepanitiaan/khusus dan kearsipan serta penyelenggaraan pos secara optimal dan dinamis.

      3. Misi Setum

          a.Membina fungsi kesekretariatan / administrasi umum dalam rangka teknis administrasi umum Polri secara profesional dan                proporsional di lingkungan Polda Daerah Kalimantan Tengah.

b.Menyelenggarakan fungsi kesekretariatan administrasi umum pada lingkungan Polda Daerah Kalimantan Tengah.

c.Melaksanakan pengelolaan data dan statistik laporan di bidang kesekretariatan dan administrasi umum Polri untuk disajikan              ke dalam bentuk system informasi manajemen yang akurat.

d.Menyelenggarakan pelayanan pos di lingkungan Polda dan membina pos Polri di tingkat kewilayahan.

4. Tujuan Setum

a.Terselenggaranya fungsi kesekretariatan/administrasi umum dalam mendukung tugas-tugas Polda Daerah Kalimantan Tengah.

b.Pembinaan karier personel secara obyektif, adil berdasarkan ketentuan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek                        moral, kemampuan, prestasi, pendidikan, senioritas tanpa mengorbankan kualitas.

c.Terselenggaranya pelatihan yang terprogram untuk meningkatkan profesionalisme Kepolisian yang bersifat perorangan                        maupun kesatuan.

d.Terpeliharanya sarana dan prasarana yang ada sehingga dapat memperpanjang usia pakai.

  e.Tersusunnya produk-produk perencanaan sesuai kebutuhan kebutuhan organisasi.

  f.Agar terwujudnya sumber daya manusia Setum Polda Daerah Kalimantan Tengah yang mampu mengemban tugas pokok            baik  aspek kualitas maupun kuantitas.

5.Sasaran Strategis

         Terbangunnya personel Setum Polda Daerah Kalimantan Tengah yang profesional, kompeten, bermoral, modern, unggul dan               berkepribadian dengan melakukan perubahan mindset dan culture set (penggerak revolusi mental) dalam menyelenggarakan                 dan membina fungsi kesekretariatan atau administrasi umum secara optimal dan dinamis.

     6. Kebijakan Setum

         a.Semua surat dinas yang akan dikirim ke Mabes Polri untuk penandatangan harus Kapolda atau Wakapolda.

         b.Jukminu Polri menggunakan Peraturan Kapolri nomor 7 tahun 2017 tanggal 31 Mei 2017 tentang Naskah Dinas Dan Tata                     Persuratan Dinas di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indinesia.

         c.Cap jabatan dan penomoran surat melalui satu pintu berada di Setum dan tidak diperkenankan satker lain mempunyai cap                   jabatan kecuali sudah mendapat ijin dari pimpinan dan setelah jam kerja penomoran dan pengecapan berada di ruang Perwira               Siaga Ro Ops.

         d.Setiap pengambilan penomoran surat keluar yang ditandatangani oleh Kapolda atau yang mengatasnamakan Kapolda di                       Sekretariat Umum Polda pada saat jam kerja maupun pengambilan penomoran surat yang dilakukan di luar jam kerja atau libur           di piket siaga Polda harus meninggalkan arsip asli, karena secara yuridis arsip yang berbentuk fotokopi tidak dapat                                   dipertanggungjawabkan sebagai dokumen.

      B.Tugas dan Fungsi

         Rumusan tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah kewenangan untuk  menyelenggarakan fungsi penegakan hukum             dalam rangka menjamin tertib hukum dan terbinanya ketentraman masyarakat, dengan demikian Polda Daerah Kalimantan Tengah sebagai pengemban fungsi Kepolisian memiliki kewenangan penegakan hukum dengan penjelasan :

  1. Tugas Pokok Polda

Polda bertugas menyelenggarakan tugas Pokok Polri dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan               hukum dan pemberian perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta tugas Polri lain dalam daerah                         hukumnya yakni Daerah Kalimantan Tengah, sesuai ketentuan hukum dan peratuaran/kebijakan yang berlaku dalam                             organisasi Polri.

  1. Tugas Setum

Setum bertugas menyelenggarakan dan membina fungsi kesekretariatan atau administrasi umum yang meliputi korespondensi,            ketatalaksanaan perkantoran dan pengarsipan, termasuk penyelenggaraan kantor pos dan perpustakaan Polda.

      3. Fungsi Setum

          a.pelaksanaan kesekretariatan dan aadministrasi umum di lingkungan Polda.

          b.penelitian naskah dinas, tata naskah dan registrasi naskah dinas.

          c.pelaksanaan urusan kepanitiaan, rapat dan risalah serta urusan reproduksi dan distribusi naskah dinas.

          d.pengarsipan yang meliputi pemeriksaan dan klasifikasi serta pemeliharaan dan penyimpanan naskah dinas.

          e.pengiriman, penerimaan dan penyaluran surat-menyurat.

          f.pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi dan dokumentasi.

      C.Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Setum Polda Kalimantan Tengah mengacu pada Peraturan Kepolisian Negara Republik Indinesia               nomor 14  tahun 2018 tanggal 21 September 2018 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Daerah.

Setum terdiri dari :

  1. Unsur Pimpinan Kasetum
  2. Unsur Pembantu Pimpinan/Pelayanan Urrenmin dibantu oleh:

a.Urren

b.Urmintu

       3.Unsur Pelaksana Tugas Pokok

          a.Subbagbinsettakah dibantu oleh:

          1. Urbinset

          2. Urum

          3. Urtakah

          b.Subbagsiptaka dibantu oleh:

1.Urarsip

2.Urpustaka

3.Urkanpos